Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Rayu Pengunjung, Coban Talun Bikin Spot Foto Air Dam

HAWA sejuk tetap menyelimuti lokasi wisata di Coban Talun, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. Walau siang hari, seolah tidak ada kata panas atau gerah di sana. Pada hari biasa, objek wisata yang terkenal dengan spot foto air dam aliran Sungai Brantas ini, terlihat ramai pengunjung. Destinasi wisata yang dikelola swadaya warga ini terus berbenah.

Satu wahana barunya adalah Obyek Wisata Coban Talun (Oyot).  Ada beberapa spot, seperti sepeda air, yakni mengayuh perahu bebek, kolam pancing lele, wahana outbound, serta spot foto air dam aliran Sungai Brantas.

Koordinator Marketing Wahana Oyot, Winarto Slamet mengatakan, wahana terbaru mulai beroperasi pertengahan Januari 2018. Wahana ini dikembangkan dan dalam tahap penyempurnaan.

Tiket masuk ke wahana ini Rp 5.000 tetapi pengunjung yang mau mencoba beberapa spot dikenai biaya lagi. Seperti sepeda air bebek ini, Rp 20.000 untuk 15 menit. Pengunjung bisa mengelilingi kolam yang panjangnya sekitar 76 meter.

Untuk wahana outboud, Wisata Oyot telah menyiapkan paket wisata antara Rp 75.000 hingga Rp 150.000. Tetapi per wahana seperti flying fox, air soft gun, dan paint ball dikenai biaya Rp 10.000.

Winarto menambahkan, tempat yang dikelolanya segera menghadirkan Karpet Aladin. Pengunjung bisa melayang dengan background air dam. Hanya untuk spot foto saja, jadi nanti bergantian agar tidak berjubel.

Sebelumnya, Wisata Oyot telah memiliki sejumlah wahana, antara lain Pagupon, Apache, Alas Pinus, Taman Bunga, Goa Djepang, Kafe Hortensia di Coban Talun selain air terjunnya. Setiap wahana dikenai biaya masuk berbeda. Maklum,  spot wahana itu beberapa memang dikelola investor, tetapi beberapa dikelola warga. (*)

Data dan Fakta
  • Coban Talun kurang lebih  3 km dari Selecta.
  • Mudah dijangkau dengan berkendaraan dari kota Batu, hanya sekitar 10 menit.
  • Coban Talun berlokasi di Desa Tulungrejo, kecamatan Bumiaji, Kota Batu, pada koordinat -7.800929, 112.516631, pada ketinggian 1300 m.
  • Jalan dari kota Batu ke Coban Talun sangat nyaman dan indah.
  • Jika ingin ke air terjunnya, dari lokasi parkir, pengunjung harus berjalan kaki menurun sejauh 1 km ke air terjun.  
  •  
  • Anak berusia empat atau lima tahun pasti nyaman dengan lingkungan hutan yang bersahabat. 
  • Anda yang berusia 50 - 60 tahun juga nyaman sambil berlatih jalan kaki, sambil momong melihat kegembiraan cucu. 
  • Fasilitas wisata di Coban Talun antara lain musala, kantin, balai serbaguna, dan ruang parkir yang laus.  Sebenarnya masih ada jasa rafting namun agak jauh lokasinya. 
  • Pengunjung dapat menyewa motor trail atau ATV (motor roda empat), untuk berkeliling di sekitar lokasi.
  • Tiket masuk di pintu gerbang Coban Talun Rp 10.000, tidak termasuk parkir.
Auto Europe Car Rental