Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Sebelum Belanja di Bangkok, Pelajari Trik Berikut Ini

THAILAND, terutama di Bangkok, tidak hanya dikenal dengan wisata budaya dan kuliner tai menjadi destinasi surganya berbelanja. Segala macam barang bisa diperoleh, dari yang unik, kreatif hingga barang langka. Kawasan wisata belanja yang terkenal, yakni Pratunam karena ada Platinum, salah satu mal fashion dengan produk bervariasi.

Selain itu, ada toko-toko di seberang Platinum hingga Shibuya 19. Lalu, kawasan Ratchaprasong. Di sini banyak mal kelas atas seperti Central World yang merupakan kompleks belanja terbesar keenam di dunia yang punya Zen dan Isetan Department Store.

Kalau ingin mencari produk bermerek seperti Christian Louboutin dan Ralph Lauren, silakan ke Central Embassy. Wilayah belanja terkenal lainnya adalah Siam-Pathumwan. Ada mal cukup familiar seperti Siam Paragon, Siam Square. Simak karakter sejumlah destinasi belanja, agar jitu ketika memborong.

1. Chatuchak Park
Lokasinya di belakang Chatuchak Park. Untuk menjangkau tempat ini sangat beragam. Bisa dengan bus, MRT (Metropolitan Rapid Transit) hingga BTS (Bangkok Sky Train). Kalau memilih MRT, stasiun terdekat adalah stasiun Chatuchak Park atau turun di Stasiun BTS Mo Chit yang berada tepat di depan Chatuchak Park.

Chatuchak Park menawarkan beragam barang belanjaan, dari pajangan hingga pakaian. Ada tempelan kulkas, dompet kecil, hiasan dinding, aksesoris, tas dan kaus khas Thailand. Harga beragam tergantung bahan dan material setiap barang. Contoh, magnet tempelan kulkas 100 baht untuk empat buah atau  100 baht untuk enam tempelan kulkas atau untuk 5 buah dompet ukuran kecil berbahan rajut, atau 11 dompet kecil berbahan kain.

Aksesori seperti gelang, kalung dan anting ditawarkan mulai 50 baht, sedangkan hiasan dinding, tas dan kaus, mulai dari 180 baht, 250 baht dan 200 baht tergantung ukuran dan bahan. Jangan segan menawar, penjual siap dengan kalkulator.  Jangan menyesal kalau nggak berani nawar.

2. Pantip Plaza Pratunam
Inilah surganya pecinta fashion. Pratunam memiliki dua kawasan yang terpisah oleh jalan raya. Pratunam Market terletak berseberangan dengan Pantip Plaza Pratunam yang lebih modern (seperti Mangga Dua dan ITC). Pratunam Market itu adalah kios-kios yang menjual pakaian dan aksesorie. Areanya cukup luas dan buka hingga menjelang malam.

Pantip Plaza Pratunam yang tiga lantai ini menawarkan berbagai pakaian model terkini dengan harga supermiring. Misal, blouse dan celana kerja masing-masing ditawarkan mulai 150 baht dan 200 baht. Masing-masing toko di sini  menghadirkan konsep berbeda. Ada retro, minimalis. Sayang, tidak bisa menawar di toko-toko itu. Harga pas, fixed price. Toh harga masih tetap murah. Kamu bisa kulakan buat dibawa pulang.

Kawasan Pratunam dilewati oleh bus dan BTS. Tinggal turun di Stasiun Chit Lom dan berjalan sekitar 15 menit atau turun di BTS Phaya Thai Station (N2) (Sukhumvit Line). Ambil pintu Exit 2, lalu naik tuk tuk ke New Pethchaburi Rd sekitar 2 km.

3. Asiatique
Asiatique The Riverfront adalah mal terbuka di tepi Sungai Chao Praya. Selain menyajikan berbagai pilihan makanan untuk kuliner lengkap dengan Mekhong bianglala, kawasan ini menghadirkan toko-toko yang menawarkan produk lokal murah meriah.

Barangnya lebih murah dari Chatuchak Market. Contoh, 100 baht bisa memperoleh 12 dompet kecil khas Thailand. Barang lain, tas bunga 200 baht, di Chatuchak Market 150 baht, yang dapat ditawar hingga 100 baht.

Asiatique ada di Charoen Krung Road, Bangkok. Bisa dengan bus dengan berbagai nomor rute tujuan. Paling mudah naik taksi, atau naik BTS ke Saphan Taksin Station dan lanjut naik shuttle boat gratis Asiatique dari Central/Sathorn Pier, yang lokasinya di bawah stasiun BTS.

4. Central World dan Siam
Tempat paling pas berburu barang mewah. Keduanya dalam satu kawasan, hanya berbeda satu stasiun BTS. Ada berbagai merek ternama seperti Timberland, Zara dan MNG ada di Central World. Harganya? Ada diskon yang lumayan.

Kawasan Siam menghadirkan tiga mega mal, yaitu Siam Paragon, Siam Center dan Siam Discovery. Tidak hanya barang branded, pusat perbelanjaan ini menyediakan barang dari desainer lokal maupun mancanegara yang dibanderol hingga puluhan juta rupiah.



Untuk ke Central World bisa jalan kaki dari BTS Siam, juga dari BTS Chit Lom. Kedua BTS ini terhubung dengan skybridge, yang bahkan bisa sampai Platinum Mall. Kalau kaki lagi pegal, bisa naik bus nomor 54 atau 73 dari halte depan Siam Paragon.  Jangan lupa mampir ke Emporium (BTS: Phrom Phong). Sebelum berbelanja secara maksimal, ingat ketika berada di Bangkok ya. Perhatikan saja peringatan ini untuk kewasdaan diri, sekaligus dompet kamu di sana.

Taksi
Jangan percaya pengemudi taksi atau tuktuk atau orang yang tak dikenal di jalanan yang menawarkan harga sangat murah atau mengajak ke toko tertentu. Abaikan saja.

Tawar menawar
Boleh menawar saat berbelanja di pasar, tapi ingat, jangan batalkan pembelian jika penjual sudah menyepakati harga yang ditawar. Pembatalah harga yang sudah disepakati dianggap tidak sopan.

Aplikasi kendaraan
Belanja dengan banyak barang, taksi akan menjadi transportasi yang nyaman. Kalau sulit menemukan taksi, gunakan aplikasi taksi dari ponsel.

Izin
Nah, ini berlaku jika membeli barang antik atau religi seperti patung Buddha. Tanya pada penjual, apakah aman membawa barang itu keluar dari Thailand. Hukum Thailand melarang patung Buddha dan barang antik tertentu keluar dari negaranya.

Barang mewah
Banyak toko barang mewah di Thailand, dan sebaiknya kamu membeli barang-barang tersebut di toko resmi agar tidak kecewa.

Barang grosir
Ada beberapa toko di mal tertentu seperti Platinum yang memberi harga grosir jika membeli dalam jumlah banyak, tanyakan pada penjual tentang hal ini.

Pengembalian pajak
Thailand memberi fasilitas VAT refund (pengembalian/potongan pajak) atas barang mewah yang dibeli di toko dengan logo Vat Refund, dengan syarat barang harus dibawa keluar Thailand dalam waktu 60 hari sejak dibeli. Selain itu, harga barang tidak boleh kurang dari 2.000 bath, termasuk pajak.

Gunakan kalkulator
Cara yang pertama adalah dengan menggunakan kalkulator untuk berkomunikasi dengan penjual.  Masih banyak orang Thailand tidak pandai berbahasa Inggris.

Jangan memaksa
Namanya pembeli, ingin barang murah dengan kualitas terbaik. Mungkin bertemu penjual yang setuju dengan penawaran yang diberikan. Tak perlu marah atau kesal, tinggalkan saja lalu pergi ke toko yang lain. Siapa tahu mendapat harga yang relatif menggiurkan di toko lain.

Pelajari beberapa kosa kata
Pelajarilah beberapa kata untuk membantu kamu saat transaksi dan melakukan penawaran. Selain memudahkan dalam berkomunikasi, sang penjual akan lebih terkesan ketika mendengarnya. Siapa tahu dapat diskon tambahan.

Perhatikan warga lokal
Perhatikan berapa banyak uang yang ia keluarkan untuk membeli suatu barang yang kamu inginkan. Saat kamu juga akan membeli barang tersebut dan diberi harga yang tak semestinya, maka jangan lanjutkan untuk membelinya.
Auto Europe Car Rental