Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Belanja Fashion Bermerek dengan Harga Relatif Murah di Johor Premium Outlets

BUKAN hanya Legoland dan Hello Kitty Land,  Johor Bahru punya wisata belanja keren. Namanya, Johor Premium Outlets (JPO). Pusat belanja ini diklaim sebagai outlet brand premium mewah pertama di Asia Tenggara.

Sejak dibuka pada 2011, JPO menjadi tujuan wisata belanja populer saat berkunjung ke Malaysia. Kepopuleran tersebut karena JPO menghadirkan merek-merek ternama dunia dengan harga diskon.

Merek-merek itu antara lain Coach, Salvatore Ferragamo, Kate Spade, Levi’s, Armani Exchange, Burberry, Tumi, Fossil, dan Giorgio Armani. Selain barang-barang ritel, di sini juga tersedia food court dan gerai makanan kecil.

Total ada 130 toko yang berdiri di kawasan berluas sekitar 18 hektare ini. Walau memiliki gerai merek ternama, JPO bukanlah tempat bagi Anda yang ingin mengikuti tren di Eropa. Hal ini karena produk di JPO merupakan barang yang sudah lewat trennya di Benua Biru.

Jadi, barang-barang di JPO bukanlah sisa ekspor atau barang reject yang kemudian dilempar ke Malaysia. Konsep JPO ini juga sudah digunakan di negara lain. Sebut saja Gotemba Premium Outlet di Jepang, Citygate Outlets di Hongkong, atau Paju Premium Outlet di Korea Selatan.

Banyak yang bilang, JPO tidak terlalu worth it (bagus). Barangkali saja anggapan ini benar. Saya sendiri penasaran setelah hampir empat kali singgah di Johor Bahru. Rasa keingintahuan saya memang besar, tidak sebanding dengan ketebalan dompet saya.

Di pertengahan tahun 2014, saya akhirnya dapat mengunjungi JPO, yang berada di kawasan Iskandar Malaysia itu. Persisnya di Indahpura, Kulaijaya, Johor. Cuaca tidak terlalu bersahabat. Kata sopir bus yang saya tumpangi, hari itu kebetulan hujan setelah sebelumnya didera panas.

Tidak banyak orang tapi saya melihat di hampir semua outlet ada pengunjung masuk. JPO memang tidak seterkenal tempat belanja lain. Baru dibuka Desember 2011 dan dikelola oleh Genting Simon Sdn Bhd.

Saya mencoba memutari seluruh gedung berlantai 2 itu. Hanya iseng saja untuk melihat seperti apa keseluruhan pusat belanja ini. Benar seperti yang dikatakan orang, pusat belanja itu bertabur merek-merek ternam. Sebut saja Aigner, Burberry, Furla, Coach, Guy Laroche, Tumi, Swatch, Michael Kors, Ermenegildo dan lainnya.

Terus terang saya tidak mengenal dengan baik merek-merek itu. Yang menarik, memang, harga jual produk di sini, bisa lebih murah dari tempat lain. Kebetulan, pas saya ke sana, ada diskon harga antara 25 persen hingga 65 persen. Wouw.

"Saya beli tas travelling, dengan roda. Ini kalau di Jakarta, bisa di atas Rp 1 juta lebih, di sini saya dapat Rp 650.000, kalau dikurskan dari ringgit ke rupiah," tutur teman dari Jakarta, yang kebetulan satu bus dengan saya.

Kami berdua baru bertemu. Dia berangkat dari Singapura sedangkan saya memilih terbang dari Surabaya ke Johor Bahru. Sayang, saya lupa mencatat namanya. Setelah mendapat tas travelling, dia pamit karena harus balik ke Singapura.

Saya masih melanjutkan melihat-lihat outlet lainnya. Bukan hanya produk fashion, ada pula sepatu, perhiasan dan emas, dompet dan tas, kosmetik serta kelompok food and beverages  seperti Baskin-Robbins, Dome Cafe, Starbucks Coffee.


Saya sendiri memilih membeli oleh-oleh cokelat. Cukup murah  memang. Cokelat serupa pernah saya dapatkan di Butik Cokelat di Kuala Lumpur, dan di sebuah Duty Free di Langkawi. Tidak beda jauh sebenarnya dari sisi harga. Selisihnya sekitar Rp 10.000 hingga Rp 20.000, tergantung volumenya.

Bagi teman-teman yang ingin berbelanja di tempat ini, silakan selalu mengecek kapan ada potongan harga. Kalau hendak meniru saya juga boleh, sekadar jalan-jalan, makan ringan atau hang-out dengan suasana berkelas. Setelah membeli cokelat, sambil menunggu hujan reda, saya memilih nongkrong di Starbucks : ngopi dulu. (*)

Tiga Cara Menuju Johor Bahru
  • Untuk mencapai Johor Premium Outlets (JPO) setidaknya ada tiga cara, dengan pilihan moda transportasi yang berbeda. Saya dari Surabaya, kebetulan ada direct flight ke Johor Bahru, dengan maskapai AirAsia. Pernah hadir Citilink, tapi sepertinya sudah tidak melayani lagi.
  • Cara kedua, jika sedang berada di Kuala Lumpur, dapat menempuh perjalanan darat dengan kereta api dari KL Sentral, atau bus dari Terminal Bersepadu Selatan. Perjalanan kurang lebih delapan hingga 10 jam. Kalau ingin cepat, silakan naik pesawat dari KLIA ke Senai Airport, Johor Bahru.
  • Cara ketiga, kalau lagi liburan di Singapura, dapat mengambil jalan darat dengan bus. Hanya saja, mungkin repotnya, melalui imigrasi Woodland, yang dikenal sangat ketat. Saya pernah punya pengalaman buruk di sini, diinterogasi hingga dua jam. Begitu tiba di Johor Bahru, untuk ke JPO, silakan menggunakan bus Causeway Link (warna kungi). Ada tanda JPO1. Tempat tunggu bus ini sama dengan bus ke Legoland, di JB Sentral. Lokasi JPO hanya 20 menit dari Legoland.

Johor Premium Outlets
4,25.534 ulasan Google
Mal outlet di Malaysia
Alamat: Jalan Premium Outlets Indahpura, 81000 Kulai, Johor, Malaysia
Dibuka: 11 Desember 2011
Jam buka: Tutup ⋅ Buka pukul 10.00
Fungsi: Mal
Jumlah toko dan layanan: 130
Telepon: +60 7-661 8888
Auto Europe Car Rental