Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beli Oleh-oleh dengan Harga Miring di Pasar Blauran

LOKASINYA di perempatan Jl Kranggan, Bubutan, Blauran, Surabaya. Mudah menjangkaunya dengan kendaraan pribadi, taksi online, ojek online atau transportasi publik lainnya. Di bagian luar seperti umumnya pasar memang lalu lintas terlihat padat sehingga sulit untuk turun dari kendaraan apalagi mencari parkir. Namun ketika masuk ke dalam pasar lawas ini, terasa nyaman karena pasar terlihat bersih dan tertata rapi.

Pasar Blauran adalah tempat paling pas, dengan kata lain direkomendasikan sebagai tempat membeli oleh-oleh, dengan harga yang lebih miring (murah). Misal, buku, seragam, sepatu, tas, alat tulis. Bahkan, masih dapat menawarnya.

Legendarisnya Pasar Blauran karena terkenal pula sebagai pusat penjualan jajanan khas Jawa Timuran. Silakan, temukan di sini, Lontong Balap, Rujak Cingur, Kikil, Sate Ayam-Kambing, Gado-Gado, Soto Daging, Nasi Rawon, Jajan Pasar.

Lokasi kuliner ini berada di lantai pertama, pada pintu gerbang sebelah utara Jl Kranggan. Berseberangan dengan pintu samping BG Juntion (Wijaya), yang berada di Jl Kranggan, Surabaya. Pasar Blauran yang beroperasi antara pukul 07.00-17.00 WIB ini sekarang sangat luas dan ramai, memiliki tiga lantai. Untuk Lantai 1 : toko yang menjual buku-buku untuk keperluan sekolah (SD, SMP, SMA), toko elektronik dengan kualitas I, serta penjual jajanan.

Lantai 2 : toko sepatu merk lokal dan perlengkapan seragam sekolah dari tingkat TK, SD, SMP, SMA. Sedangkan untuk Lantai 3 : berisi toko-toko yang berjualan pakaian jadi dengan kualitas II (KW II). Cobalah minimal merasakan tiga kuliner favorit di Pasar Blauran Surabaya, yakni es dawet, rujak cingur dan lontong mi. Para pecinta kuliner Surabaya sudah tidak asing dengan lokasi legendaris ini.

Es dawet
Es dawet ini berwarna hijau, terbuat dari tepung beras dengan wangi khas daun suji. Penjualnya memadukan dengan ketan hitam, biji mutiara, jenang grendul, bubur sumsum, gula merah cair dan santan. Jadilah hijau, merah, hitam, cokelat dan putih menyatu. Harga Rp 6.000.

Kalau ingin ngemil, di meja penjual es dawet, ada juga tahu goreng dengan bumbu petis, aneka sate seperti sate usus, sate kikil, sate telur puyuh, dan lain-lain.


Rujak Cingur
Tinggal memilih buahnya, ada  bengkuang, nanas, mangga, dan lain-lain, tak lupa tentunya rebusan kangkung dan potongan cingur plus sambal petis.

Lontong Mi
Sesuai namanya terdiri dari lontong dan mi kuning, ditambah tauge, tahu dan udang goreng. Bumbunya sambal petis udang yang dibubuhi bawang putih, cabai dan kecap. Harga Rp 10.000.

Untuk jajanan pasar, ada kue cucur, kue lumpur, lemper dan masih banyak lagi. Biasanya, hari libur adalah waktu padatnya pengunjung. Harga makanan yang ditawarkan di Pasar Blauran sangat terjangkau.

Oh ya, jangan lupakan yang satu ini. Tak hanya kuliner, yang hobi membaca dan mengoleksi buku, Pasar Blauran adalah sentra buku murah. Buku lama atau buku baru tersedia di sini, dari buku pelajaran, ada novel, majalah, kamus dan yang lain. (*)
Auto Europe Car Rental