Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menuju Lokasi Waduk Siman di Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri

WADUK Siman terletak di Desa Siman, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Waduk ini punya peran penting sebagai penampung irigasi pertanian di Kecamatan Kepung dan sekitarnya dan tentu, destinasi wisata alternaif warga.

Cara menuju Waduk Siman, kamu tinggal menggunakan Google Maps karena sudah ada di sana dan tinggal ikuti saja jalurnya. Kalau malas, ya, pasang mata baik-baik dan lihat petunjuk yang ada di sepanjang jalur perjalanan.

Melajulah ke ara Pare lebih dulu, sesudah bertemu perempatan Gedangsewu (simpang empat  terakhir sebelum masuk Pare kota), silakan  belok kanan dan ikutilah jalur itu hingga menemui jalan raya Pare-Plosoklaten.

Perhatikan petunjuk atau tanda arah, sebelum belok kiri hingga menemui papan petunjuk ke arah Kepung. Ikuti saja papan petunjuk yang ada sebelum belok kanan lagi dan terus lurus sampai bertemu patung di pertigaan jalan.

Dari sini, ambil arah kanan dan jalan sepanjang 2 km, kamu akan bertemu simpangan dan belok kiri. Nah, kamu telah tiba di Waduk Siman ini. Tidak ada petunjuk kalau kamu sudah tiba selain pemandangan hamparan air dalam jumlah banyak.

Waduk Siman bukan salah satu tempat wisata resmi Pemkab Kediri tapi tak pernah sepi dikunjungi warga untuk sekadar bersantai dan menikmati secangkir kopi sembari melihat air dengan latar belakang pemandangan Gunung Kelud.

Untuk datang ke destinasi Waduk Siman, tidak dikenakan biaya atau gratis (valid per Januari 2021). Mungkin karena waduk ini milik Pemprov Jatim sehingga 'tidak disentuh' pemda setempat.

Waduk Siman memiliki luas 50,000 m2 sering menjadi lokasi upacara Melasti warga Hindu Kediri Raya. Menurut sejarah, dulu hulu Sungai Serinjing ini dibuat Bagawanta Bhari, yang sekarang berada di daerah Waduk Siman.

Dari prasasti yang ditemukan di daerah Siman, pada era Mataram Kuno sekitar abad 9, Bhagawanta Bhari membendung aliran Sungai Konto untuk kepentingan irigasi di lembah utara Gunung Kelud.

Berkat jasanya, maka dianugerahkanlah Prasasti Harinjing pada 25 Maret 804 masehi, dan sekarang diperingati sebagai Hari Jadi Kabupaten Kediri.

Sungai Serinjing mengular hingga sejauh 35 km melewati enam kecamatan di Kabupaten Kediri. Bermuara di sungai Brantas yang ada di Desa Minggiran, Kecamatan Papar dan berhulu di Waduk Siman, Desa Siman, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. (*)