Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kuliner Unggulan Suku Melayu Sambas di Kalbar


SUKU Melayu Sambas di Kalimantan Barat (Kalbar) punya unggulan kuliner pedas yg harus dicicipi para wisatawan. Ada Bubur Pedas Sambas, yang dahulu disajikan di kerajaan dan merupakan cerminan budaya kental di kerajaan Melayu Deli.

Bubur pedas terbuat dari beras yang ditumbuk halus lalu dioseng dan kaya akan rempah serta sayuran. Tidak heran jika bubur ini dinilai penuh gizi.

Sayuran seperti kangkung, pakis, daun kesum menjadi campuran yang menyehatkan. Belum lagi paduan gorengan kacang tanah plus ikan teri yg digoreng kering menambah citarasa.

Selain menjadi salah satu menu andalan di warung milik orang Melayu, bubur pedas mudah ditemui di tempat orng berjualan takjil saat bulan Ramadan.

Bubur pedas memang unik, tanpa membubuhkan sambal, tidak akan merasakan pedas sama sekali malah cenderung bertekstur gurih dan segar.

Bubur ini sangat kaya akan gizi. Berbahan dasar beras yang sudah dihaluskan dan sangrai, serta kelapa parut yang disangrai, kaldu daging.

Berbagai macam sayuran dan rempah-rempah menghasilkan citarasa yang luar biasa unik. Sangat gurih dan lezat. Lebih enak disantap saat masih hangat.

Bubur Pedas merupakan salah satu makanan khas di Kalbar. Kuliner yang satu ini wajib anda coba jika berkunjung ke sana. Tidak sulit menemukan makanan ini, karena tersedia di daerah seperti Pontianak, Singkawang, Sambas dan Mempawah.

Sumber: Bunda Cantika Cahyani (@CantikaCahyhani)

Auto Europe Car Rental