Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

The Southern Hotel Surabaya Sajikan Kuliner Wali Songo


THE Southern Hotel Surabaya mengadaptasi kuliner dari kota sembilan wali (Wali Songo) selama Bulan Ramadan 2024. Menu-menu yang dihadirkan diambil dari resep berbagai daerah.

Karaketeristik kulinernya tentu berbeda-beda seperti Kudus, Cirebon, Demak, Surabaya, Gresik, Tuban dan Lamongan. Alasan memilih tema ini adalah sebagai bentuk dedikasi atas jasa para Wali Songo dalam menyebarkan agama Islam di tanah Jawa.

"Kemudian kami adapatasikan dalam sajian kuliner dari daerah masing-masing Wali,” jelas Kencana Herdianto selaku General Manager The Southern Hotel.

Disamping menu khas dari setiap daerah, kami juga menyajikan beberapa stall menu tradisional, seperti tahu campur, aneka soto dan bakso, kebab, aneka tak’jil, korean steamboat, live carving, dan yang spesial juga adalah kopi Turki.

Sajian kuliner Wali Songo tersedia saat buka puasa di hotel tersebut. Beberapa menu seperti nasi krawu dan sate karak yang khas dari Gresik, rawon dan rujak cingur dari Surabaya hadir di area restoran hotel.

Selain menu utama, ada jajanan yang lekat dengan kearifan lokal Gresik seperti pudak, gula kacang, bonggolan dan es dawet siwalan.

Executive Chef The Southern Hotel Surabaya Sarto mengatakan, menu-menu yang diambil dari kota Wali Songo itu terus dirotasi setiap harinya. Beberapa bahan disebut diambil dari daerah-daerah tempat ziarah Wali Songo.

“Surabaya dan Gresik hampir mirip kulinernya, Tuban dan Lamongan juga hampir mirip. Legen juga ada, es tape khas Gresik juga ada, dawet siwalan kita ambil siwalannya dari sana. Sama seperti empal gentong saya juga ambil bahannya dari sana,” ungkap Chef Sarto.

Chef yang berasal Jawa Tengah ini mencontohkan kuliner lain, seperti nasi jangkrik khas Kudus. Nasi jangkrik memiliki ciri khas dibungkus daun jati. Lauknya pun terdiri dari daging sapi, yang diolah menggunakan santan dan bumbu rempah.

"Misal nasi boranan Lamongan, ya khasnya ayam bumbu balinya itu. Boranan memang dari bambunya tapi ayam bali rasa kacang itu khas,” ungkapnya.

Chef Sarto menyebut, ide ini bermula saat melihat beberapa karyawan yang berasal dari kota-kota sembilan wali. Ia kemudian mengumpulkan dan meriset resep khas masing-masing daerah tersebut.

Pengalamannya yang sempat tinggal di Cirebon, Kudus dan Demak memperkaya resep olahan kuliner daerah Wali Songo. Dia melihat ini sebagai suatu tantangan tersendiri. Dia bisa memberikan pengalaman makan yang lebih.

"Khususnya dibulan yang penuh berkah ini. Semoga semua sajian kami cocok dengan selera para tamu yang nanti akan hadir untuk berbuka puasa bersama,” ungkapnya.

Untuk meningkatkan minat dan antusias warga Surabaya, The Southern Hotel Surabaya juga memberikan doorprize yang akan di undi setiap minggunya.

Hadiahnya beragam, mulai dari baby gold, voucher perawatan klinik kecantikan, perawatan gratis laser kolagen untuk wajah, dan masih banyak voucher dan hadiah lainnya selama bulan Ramadan.

Harga yang ditawarkan untuk semua fasilitas dan ragam makanan yang sudah dijabarkan adalah Rp 168.000 nett/pax. (*)

Auto Europe Car Rental