Mulai 15 Maret 2025 Citilink Pindah ke Terminal 1B dan 2F Bandara Soekarno Hatta
MULAI 15 Maret 2025 Citilink Pindah ke Terminal 1B dan 2F Bandara Soekarno Hatta (Soetta). Maskapai penerbangan ini memindahkan operasional dan layanan penerbangannya dari Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta menjadi Terminal 1B untuk penerbangan domestik dan Terminal 2F untuk penerbangan internasional yang diberlakukan mulai 15 Maret 2025.
Plt Direktur Utama Citilink, Jaka Ari Triyoga mengatakan, perpindahan terminal ini merupakan upaya Citilink untuk meningkatkan kenyamanan perjalanan penumpang dalam menyambut periode peak season libur Lebaran 2025.
Langkah perpindahan ini juga dilakukan dengan memperhatikan aspek kualitas pelayanan bagi seluruh penumpang sebagai bentuk komitmen Citilink dalam memberikan pelayanan yang prima.
Dengan dilakukannya perpindahan operasional dan layanan penerbangan ini, seluruh jadwal penerbangan Citilink tidak mengalami perubahan. Adapun, Citilink mengimbau seluruh penumpang untuk tiba lebih awal di bandara serta memperhatikan informasi jadwal penerbangan dan terminal keberangkatannya sebelum menuju bandara.
Untuk informasi lebih lanjut terkait jadwal penerbangan dan terminal keberangkatan, penumpang dapat memeriksa informasi secara berkala melalui media sosial resmi Citilink, menghubungi Contact Center melalui nomor 0804 1 080808, atau melalui Linka virtual assistant Citilink di nomor WhatsApp 0811 1011 0808.
"Citilink senantiasa terus melakukan koordinasi secara intensif dengan seluruh pihak yang terlibat terkait dengan rencana perpindahan ini untuk menjaga kelancaran operasional penerbangan selama masa transisi,” tambah Jaka.
PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) selaku operator Bandara Soekarno-Hatta saat ini tengah menjalankan transformasi di Bandara Soekarno-Hatta untuk meningkatkan pelayanan kepada seluruh pengguna jasa termasuk penumpang pesawat.
Direktur Utama InJourney Airports Faik Fahmi mengatakan, perpindahan operasional maskapai di Bandara Soekarno-Hatta sebagai bagian dari upaya traffic management guna mengoptimalkan kapasitas bandara sehingga setiap terminal yang ada dapat maksimal dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa bandara.
General Manager PT Angkasa Pura Indonesia KC Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana, mendukung penuh perpindahan operasional penerbangan Citilink sebagai bagian dari rebalancing layanan di Bandara Soekarno-Hatta.
Berbagai upaya telah dilakukan untuk memastikan kelancaran perpindahan ini, termasuk peningkatan fasilitas di Terminal 1B dan 2F, serta koordinasi intensif dengan seluruh pihak terkait agar pengalaman perjalanan penumpang tetap nyaman dan berjalan dengan baik.
Diimbau seluruh pengguna jasa untuk memperhatikan informasi terbaru mengenai terminal keberangkatan guna memastikan perjalanan yang lancar.
Bandara Soekarno-Hatta bersama Citilink berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik bagi seluruh pengguna jasa. Dengan kolaborasi perpindahan operasional ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas perjalanan udara semakin lancar dengan tetap mengedepankan aspek keamanan, keselamatan dan kenyamanan bagi seluruh penumpang.
Citilink juga telah melakukan penyesuaian besaran tarif Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) menjadi tarif Terminal 1B penerbangan domestik dan tarif Terminal 2F penerbangan internasional untuk pembelian tiket sejak 26 Februari 2025 dan periode terbang mulai 15 Maret 2025.
Bagi penumpang yang sudah melakukan pembelian tiket sebelum 26 Februari 2025 dengan periode terbang 15 Maret 2025 ke atas, penumpang bisa melakukan refund untuk selisih tarif PJP2U melalui channel pembelian tiket masing-masing.
Proses pengembalian selisih PJP2U selambat-lambatnya 30 hari setelah semua kelengkapan dokumen terpenuhi. Pengembalian selisih tarif PJP2U ini dapat dilakukan mulai 15 Maret 2025 dan untuk penjelasan lebih lanjut dapat menghubungi Citilink Contact Center di nomor 0804 1 080808. (*)