Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menuju Bukit Bonsai Watulawang di Kabupaten Blitar


BUKIT Bonsai Watulawang ini terletak di Desa Sumberjati, Kademangan, Kabupaten Blitar. Bukit ini dulunya hanya bukit biasa yang tidak terurus. Sesekali warga setempat berfoto di pagi hari ketika jalan santai.

Lokasinya tidak jauh dari Candi Simping. Rute menuju Watulawang bisa menggungakan jalur Blitar–Kademangan. Ikuti saja jalan ke arah Pantai Tambakrejo.

Tiba di pertigaan SPBU Sumberjati, silakan belok kiri hingga menemukan pertigaan di timur Candi Simping. Ambil belokan ke kanan dan ikuti jalanan menanjak.

Lokasi Watu Lawang berada di kiri jalan. Kalau dihitung, jarak tempuh sekitar 11,6 km atau 30-40 menit dari pusat Kota Blitar.

Ketika berada di bukit ini, kamu bisa melihat pemandangan sekeliling yang luas, terutama mengarah ke barat, utara, dan timur.

Ketika berfoto akan disuguhi pemandangan Gunung Kelud yang tampak megah. Kalau beruntung, di malam hari dapat menyaksikan milky way.

Melihat seringnya warga datang ke bukit, muncul ide dari penduduk lokal untuk mengelola dan menjadikan tempat ini menjadi destinasi wisata.

Sekarang diberi nama Bukit Bonsai Watulawang. Dulu bernama Tumpakwaru. Ada pula yang menyebut Bukit Suharto. Resmi dibuka 3 Desember 2017.

Penyebutan Bukit Suharto tak lepas dari peristiwa bersejarah, yakni peresmian Moumen KNPI oleh Presiden Suharto tahun 1989. Bukit Bonsai Kademangan, karena letaknya di daerah kademangan.

Bukit Bonsai Watulawang menyuguhkan berbagai spot selfie seperti timbangan, perahu, bunga, cinta, gardu pandang, bulan sabit, sayap,  balon udara dan lainnya.

Waktu terbaik mengunjungi tempat ini, sore menjelang petang saat langit berwarna merah keemasan. Bisa pula waktu malam hari. Kerlap kerlip lampu kota tampak menawan dari puncak bukit. (*)