Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cicipi Kuliner Timur Tengah selama Ramadan 2024 di Surabaya


KULINER Timur Tengah hadir menemani momen berbuka puasa di hotel-hotel Surabaya selama Ramadan 2024. Ada nasi biryani, hummus maupun aloo gobi dan ful mudammas.

Aloo gobi cukup terkenal di kawasan Timur Tengah seperti Turki. Makanan ini berbahan dasar kembang kol dan kentang serta rempah-rempah.

“Ada beberapa yang sudah terkenal di Middle East, dimasak menggunakan herb Timur Tengah seperti kapulaga, jinten, bumbu rempah dan prosesnya ciri khas dari Timur Tengah,” ungkap Chef Irfan Dwi Efendi dari Ciputra Hotel Surabaya.

Warna makanan aloo gobi disebut Chef Irfan rata-rata kekuningan. Hidangan itu berbahan bumbu bawang bombay, jintan, kapulaga, cengkeh dan garam masala.

Aloo gobi disebut rata-rata disantap saat makan siang dan makan malam. Makanan ini bisa disantap dengan nasi khas Turki.

Pagi jarang makan aloo gobi. Biasanya pagi, orang-orang jalur Mekkah lebih suka makan roti dicocol kari. Kalau siang baru ada sayuran atau yang vegan.

Untuk ful mudammas merupakan makanan santapan sehari-hari yang cukup terkenal di Mesir. Ful mudammas terbuat dari kacang. Chef Irfan mengatakan, bahan-bahan dipanggang dahulu kemudian proses masak keseluruhan.

Cara memasak Mudammas adalah dengan dipanggang dulu dan dimasak bareng menggunakan garam masala bukan garam biasa.

Tidak hanya ful mudammas, Chef Irfan memberikan variasi kuliner lainnya seperti shawarma, martabak Mesir, roti jala dan beberapa menu Asia lainnya.

Beef kofta yang dimasak dengan bubuk kari, bawang bombay dan beberapa bumbu Timur Tengah lainnya.

Bahan dasar panganan ini adalah daging sapi atau daging kambing. Kali ini Chef Irfan menghadirkan beef kofta dengan bahan daging sapi.

Makanan ini disebut cukup populer di Dubai, Abu Dhabi dan Timur Tengah. Chef Irfan menyebut, olahan daging ini cocok disantap bersama nasi khas Turki.

Caranya, urap dulu campur bumbu dan dipanggang, tanpa campuran tepung hanya daging, sayuran dan herb. "Sayurannya hanya bombay, biasanya juga ada terong,” tambahnya. (*)

Auto Europe Car Rental