Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

GapMaps Luncurkan Laporan Fast Food and Quick Service Restaurant


SEMAKIN banyak brand makanan cepat saji berencana untuk ekspansi ke berbagai kota dengan populasi 200.000 hingga 500.000 jiwa di Indonesia.

GapMaps, penyedia layanan pemetaan lokasi berbasis teknologi meluncurkan laporan eksklusif Fast Food and Quick Service Restaurant Retail Network 2023 yang pertama di Indonesia.

Laporan ini meneliti jumlah gerai dan tingkat penetrasi 12 brand restoran cepat saji di seluruh wilayah Nusantara.

Berdasarkan hasil survei terhadap 12 brand restoran cepat saji dengan 3.274 lokasi di seluruh Indonesia, ditemukan bahwa KFC memiliki jaringan ritel paling luas, dengan lebih dari 700 restoran yang tersebar di Indonesia.

Berdasarkan laporan tersebut, diketahui juga bahwa KFC memiliki setidaknya satu toko di 52 dari 80 jumlah kota dengan populasi penduduk lebih dari 500.000 jiwa.

Selain itu, KFC juga hadir di 195 kota lainnya dengan populasi lebih dari 200.000 jiwa.

Di posisi kedua adalah Pizza Hut dengan 616 restoran dan diikuti oleh McDonald’s dengan 277 restoran.

Selain KFC dan Pizza Hut, laporan GapMaps menunjukkan bahwa brand-brand makanan cepat saji lainnya belum memiliki jaringan ritel yang mapan di kota-kota lainnya dengan populasi penduduk antara 200.000 hingga 500.000 jiwa.

Bahkan, di kota-kota dengan populasi penduduk kurang dari 200.000 jiwa, GapMaps menemukan bahwa keberadaan 12 brand restoran cepat saji yang diteliti cenderung terbatas.

Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu tuntutan penjualan dari luar penduduk setempat serta lokasi restoran yang berada di jalan raya utama, kawasan wisata, atau kota satelit/komuter.

Director of Economics and Research GapMaps, Andre Smith menjelaskan, laporan memberikan pandangan terkait pangsa pasar restoran cepat saji yang kompetitif seiring dengan perkembangan jaringan bisnis brand-brand ini di Indonesia.

GapMaps menemukan bahwa setelah disesuaikan dengan tingkat pendapatan daerah yang ada, keberadaan restoran cepat saji di Indonesia masih belum menyamai standar internasional.

"Hal ini berarti masih ada banyak peluang untuk pertumbuhan, yang tentunya dipengaruhi oleh pertumbuhan pendapatan masyarakat yang berkelanjutan dan merata,” katanya.

Demi menangkap peluang ini, semakin banyak brand di Indonesia, dari sektor makanan cepat saji, pusat kebugaran, kafe, dan swalayan, yang menggunakan GapMaps Live untuk mendapatkan data-data demografi yang bersifat granular.

Data-data seperti lokasi pesaing, populasi penduduk dan pekerja, serta pendapatan juga pengeluaran rumah tangga akan digunakan untuk memberikan rekomendasi yang tepat dalam menentukan lokasi toko.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai laporan ini, dapat berlangganan dengan mengirimkan email ke subscribe@gapmaps.com atau mengunjungi www.gapmaps.com.

Tentang GapMaps
Didirikan pada 2013, GapMaps adalah perusahaan asal Australia yang dibangun untuk memudahkan bisnis mengambil keputusan tentang lokasi toko terbaik dengan mengintegrasikan data intel sosio-demografis, ekonomi, pelanggan, dan pesaing pada satu platform yang mudah digunakan – atau disebut dengan GapMaps Live.

GapMaps Live sudah digunakan di lebih dari 23 negara, dengan lebih dari 500 klien di industri retail restoran cepat saji, kafe, kesehatan, kebugaran, dan masih banyak lagi.

Brand menggunakan GapMaps untuk mendapatkan informasi yang dapat mengoptimalkan strategi pertumbuhan & jaringan bisnis mereka.

Brand juga dapat berkonsultasi dengan pakar profesional GapMaps untuk membantu klien mengoptimalkan strategi pemasaran melalui pemanfaatan data intelijen lokasi.

Auto Europe Car Rental