Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pahami Sopan Santun Dulu sebelum Mendaki Gunung (3)

ATRIBUT organisasi yang berbentuk stiker atau tulisan tangan, tak sepantasnya mengotori sepanjang jalur pendakian. Cukup tempel atau tulis di tempat yg telah ditentukan, semisal di basecamp atau space khusus yg kadang disediakan oleh pengelola taman nasional setempat.

Di gunung, kadang ada pos-pos tertentu yang punya gasebo, gubuk atau shelter. Mendirikan tenda dome atau flysheet di tempat itu adalah tindakan tak terpuji. Shelter diperuntukkan bagi pendaki yang misalnya, buru-buru berteduh, break sementara setelah trekking atau kondisi darurat medis.

Tentang film 5 cm (1) : mungkin ini tak ada hubungannya secara langsung, tapi sekaligus menyuarakan pendapat kawan lain. Saya akui film 5 cm bagus. Sinematografi bagus, pesan moralnya sampai, drama dan komedinya juga dapet, berhasil mendorong minat pada pendakian gunung. Tapi..

Film ini minim menginformasikan bagaimana pendakian gunung yang aman. Risetnya terasa kurang. Muncul adegan-adegan yang tak lazim dalam sebuah standar pendakian. Suatu saat akan saya breakdown ulang. Alhasil, minat pendakian meningkat tanpa dibarengi pengetahuan yang cukup.


Tentang pup atau buang air besar (BAB). Buat saya ini sebenarnya ranah naluri. Sangat memalukan masih ada saja yg sembarangan, tak pakai etika (di jalur, kotorannya tidak dikubur dll). Sederhananya, pakailah teknik kucing. Menjauhlah dari jalur trek & camping ground, bawa pengeruk tanah, tissue dan air.

Sumber : ROHMAN NISFI (@RohmanNisfi), 29 Juni 2019.
Auto Europe Car Rental